Apa sih Light, Medium dan Dark roast itu?

Membahas detail tentang tingkatan kematangan saat me-roasting kopi.

Apakah perbedaan tingkat kematangan kopi mempengaruhi rasa kopi itu sendiri?

Ditulis oleh Hartanzah

Tingkatan proses roasting kopi sangat berpengaruh pada cita rasa kopi itu sendiri, kita harus mengetahui tingkatan – tingkatan ini saat membeli kopi agar kita dapat mendapatkan rasa yang sesuai dengan keinginan kita. Ada beberapa indikasi yang dapat dijadikan acuan saat menentukan biji kopi sudah layak untuk di konsumsi saat proses roasting seperti bunyi krak pada biji kopi saat di sangrai (seperti bunyi pensil patah) dan juga perubahan warna pada biji kopi tersebut disamping indikasi-indikasi lainnya seperti aroma, waktu dan temperature.


Saat membeli kopi Anda dapat mendapatkan karakter yang berbeda dari satu jenis kopi dengan tingkat kematangan yang berbeda yang umumnya di bagi tiga kategori utama yakni, Light roast, Medium Roast dan Dark Roast.


Light Roast
Kopi pada tingkatan kematangan light roast memiliki profile warna coklat muda, sedikit pucat karena belum banyak minyak kopi yang muncul pada permukaan biji kopi. Light roast memiliki tingkat keasaman “acidity” dan “bright” tertinggi dari dua level roasting yang lain. Karakter dari kopi sangat jelas dan mudah untuk di rasakan di level light roast ini, oleh sebab itu kopi dengan tingkatan roasting ini banyak digunakan untuk cupping.

Metode seduh yang umum digunakan untuk kopi di level light roast ini antara lain : V60, Pour Over, Automatic Drip, Cold Brew dan Aero Press

Roasting development yang termasuk dalam light roast ini antara lain : First crack, City dan City plus

Medium Roast
Pada tingkatan kematangan ini biji kopi memiliki rasa keasaman/acidity dan body yang seimbang, warna biji kopi kecoklatan sudah lebih gelap dari light roast dan mulai mengkilap permukaannya karena di level kematangan ini minyak kopi sudah mulai muncul di permukaan kopi. Di level ini kita mulai dapat merasakan rasa “body” yang timbul dari minyak kopi dan keasaman mulai sedikit berkurang dari level sebelumya. Balance antara body dan acidity dapat di rasakan di level ini

Metode seduh yang umumnya di gunakan untuk kopi medium roast adalah : Vietnam drip, French Press Pour Over dan Espresso

Roasting development yang termasuk dalam medium roast ini antara lain : City plus, Full City dan Full City plus

Dark Roast
Acidity pada kopi sudah jauh berkurang dibandingkan light dan medium roast, kepekatan kopi sangat tinggi di level ini dikarenakan minyak kopi sudah banyak terproduksi dan sangat mudah terlihat di permukaan kopi, warna biji kopi sudah menjadi coklat tua bahkan hampir hitam mengkilat.

Metode seduh yang biasa digunakan adalah : Espresso dan Automatic Drip
Roasting development yang termasuk dalam medium roast ini antara lain : Vienna/Light French, French dan Italian

supplier kopi
jual biji kopi
jual coffee roaster